Minggu, 05 Juli 2020 09:52

Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Ketetuan :

  1. Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk 2 hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia.
  2. Peringatan dini gelombang tinggi berlaku maksimal 2 hari sejak dikeluarkan dan diperbaharui setiap ada perubahan dan sebelum masa berlakunya habis.
  3. Tinggi gelombang yang dicantumkan dalam peringatan dini gelombang tinggi berdasarkan WMO Sea State Code dimulai dari skala sedang :
    • Sedang : 1.25 – 2.5 m
    • Tinggi : 2.5 – 4.0 m
    • Sangat Tinggi : 4.0 – 6.0 m
  4. Interpretasi model gelombang yang digunakan adalah model gelombang BMKG OFS (https://peta-maritim.bmkg.go.id/ofs-static) resolusi tinggi dengan siklus update yang terbaru (00.00 atau 12.00 UTC).
  5. Peringatan dini gelombang tinggi terlebih dahulu harus disetujui oleh Kepala Sub Bidang Analisis dan Prediksi Meteorologi Maritim.
  6. Peringatan dini gelombang tinggi sudah harus disebarluaskan ke pihak terkait selambat-lambatnya 2 jam sebelum masa berlaku dengan menggunakan media diseminasi email ataupun media sosial.
  7. Produk Peringatan dini gelombang tinggi versi web akan ditampilkan di halaman Web Layanan Informasi Meteorologi Maritim (https://peta-maritim.bmkg.go.id/peringatan/gelombang_tinggi)